Prinsip Kerja Mesin Diesel 4 Langkah dan 2 Langkah

  Mesin diesel, ilustrasi

Pada mesin diesel istilah 4 langkah, dan 2 langkah adalah langkah piston untuk mendapatkan satu kali proses usaha.

Mesin diesel 4 langkah adalah proses pergerakan/perputaran yang memerlukan 4 kali langkah (naik,dan turun) piston untuk mendapatkan satu kali proses usaha, atau dua kali (7200putaran penuh poros engkol (crank shaft)

Sedangkan pada mesin diesel 2 langkah  adalah mesin diesel yang memerlukan 2 kali langkah piston setiap satu kali proses usaha, atau 1 kali (3600) putaran penuh crank shaft.

Berikut akan dijelaskan proses langkah kerja dari mesin diesel 4 langkah dan 2 langkah.

A. Proses Langkah Kerja dari Mesin Diesel 4 Langkah

    1.    Langkah Pertama Hisap (Intake)

Langkah ini diawali dengan bergeraknya piston dari TMA ke TMB, dengan kondisi katup masuk terbuka. Bergeraknya piston ke TMB menciptakan tekanan udara yang rendah di ruangan bakar. Sehingga udara bersih terhisap masuk ke ruang bakar mesin diesel.

    2.    Langkah Kedua Kompresi 

Langkah ini piston bergerak dari TMB ke TMA dengan kondisi kedua katup tertutup, dengan menyusutnya volume ruang bakar mengakibatkan udara mengalami kenaikan tekanan, dan suhu panas yang tinggi. Pada akhir kompresi, bahan bakar diinjeksi kan ke ruang bakar mesin diesel, sehingga terjadi pembakaran.

    3.    Langkah Ketiga Usaha (Power)

Pembakaran menghasilkan tekanan yang tinggi dalam ruang bakar mesin diesel, tekanan ini mendorong piston dari TMA menuju TMB.

    4.    Langkah Keempat Buang (exhaust)

Diawali dengan bergeraknya piston dari TMB ke TMA dan dibarengi dengan terbukanya katup buang (valve exhaust) menyebabkan udara sisa pembakaran terbuang keluar, melalui katup buang pada mesin diesel.

4 tak, langkah kerja, ilustrasi
Proses Langkah Kerja Mesin Diesel 4 Langkah

B. Proses Langkah Kerja dari Mesin Diesel 2 Langkah

    1.    Langkah Pertama Hisap dan Kompresi

Langkah ini diawali dengan bergeraknya piston dari TMB dibarengi dengan masuknya udara bersih yang dihembuskan oleh blower menuju ruang bakar melalui lubang udara yang ada di sekitar dinding liner pada kondisi ini katup buang (valve exhaust) masih terbuka, di lanjut dengan pergerakan ¼ piston menuju TMA maka proses kompresi udara akan dimulai dengan menyusutnya volume ruang bakar mesin diesel. mengakibatkan udara mengalami kenaikan tekanan, dan suhu panas yang tinggi. Pada akhir kompresi bahan bakar di injeksikan ke ruang bakar sehingga terjadi pembakaran.

    2.    Langkah Kedua Usaha dan Buang

Hasil dari pembakaran di dalam ruang bakar mesin diesel, akan menciptakan daya ekspansi yang mendorong piston bergerak menuju TMB. Pada proses ini katup buang (valve exhaust) akan terbuka bersamaan dengan udara bersih yang di hembuskan oleh blower akan membantu mendorong atau membersihkan sisa dari hasil pembakaran (gas buang) untuk keluar melewati katup buang (valve exhaust). Tertutupnya katup buang (valve exhaust) saat piston kembali naik ke TMA.

mesin diesel, prinsip kerja mesin diesel, 2 langkah
Proses Langkah Kerja Mesin Diesel 2 Langkah






Post a Comment for "Prinsip Kerja Mesin Diesel 4 Langkah dan 2 Langkah"