7 TIPS MENGETAHUI BEDANYA MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL YANG BELUM BANYAK KETAHUI

7 TIPS MENGETAHUI BEDANYA MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL YANG BELUM BANYAK KETAHUI

7 tips mengetahui bedanya mesin bensin dan mesin diesel yang belum banyak di ketahui - sangat penting untuk kita mengetahui perbedaan mesin bensin dan mesin diesel, apalagi saat kita ingin membeli kendaraan pribadi seperti mobil, sudah pasti banyak pertimbangan yang biasanya memerlukan rencana yang terperinci, sehingga muncul pertanyaan diantara mesin bensin dan mesin diesel mana yang lebih bagus? Sebenarnya dari kedua jenis mesin tersebut tiap mesin memilik kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan menyampaikan informasi tentang 7 tips bedanya mesin bensin dan mesin diesel yang belum banyak di ketahui.

Ada beberapa aspek penting yang perlu di ketahui bedanya mesin bensin dan mesin diesel mulai dari  sistem bahan bakar, jenis bahan bakar, performa mesin, tenaga mesin, ketahanan mesin, gas buang (exhaust gas), kebisingan, hemat nya bahan bakar.

1. Sistem Bahan Bakar

Dilihat dari sistem bahan bakar, tentu mudah untuk kita mengetahui mobil jenis bensin atau diesel. Biasanya  tertulis di spesifikasi mesin, jika tertulis “Gasoline Only” maka artinya sistem bahan bakar mesin tersebut berjenis bensin, dan jika tertulis “Diesel Only” maka dapat di artikan sistem bahan bakar mesin nya berjenis diesel.

Adapun cara lain untuk mengetahuinya, pada mesin bensin terdapat karburator umumnya memakai pompa bahan bakar untuk sistem bahan bakarnya. Sedangkan pada mesin diesel umumnya memakai fuel injection pump (FIP) untuk sistem bahan bakarnya.

2. Jenis Bahan Bakar

Jenis bahan bakar bensin digunakan pada mesin bensin, dan pada mesin diesel menggunakan bahan bakar berjenis solar.

Secara umum dalam sistem pembakaran mesin bensin karburator berperan penting dalam mencampurkan bensin dengan udara (pengabutan) lalu dikirim ke ruang bakar bersamaan dengan nyala busi sehingga mengakibatkan ledakan di dalam ruang bakar, titik nyala api kurang lebih 43 derajat celcius. Proses ini dapat terjadi pada saat langkah kompresi. 

Sedangkan pada sistem pembakaran mesin diesel secara umum udara dikompresi kan di dalam ruang bakar, dan secara bersamaan bahan bakar solar di kabut kan oleh injector ke dalam ruang bakar, pada langkah ini karena udara di tekan akan menciptakan panas yang mengakibatkan terjadi ledakan di dalam ruang bakar, titik apinya lebih panas, yaitu sekitar 52 sampai 96 derajat celcius.

3. Performa

Performa dapat di artikan sebagai akselerasi atau kecepatan, jika kalian membeli mobil yang mementingkan kecepatan maka pilihan yang tepat adalah mesin berjenis bensin. Karena sebuah mesin bensin mempunyai angka HP tinggi dan angka torsi kecil, sehingga mobil itu akan sangat cepat terutamanya dalam soal akselerasi. Namun tidak di cocok di gunakan untuk membawa beban berat. Mesin bensin dapat di temukan pada mobil Sport.

4. Tenaga

Tenaga dapat tercipta dari adanya torsi. Jika kalian mementingkan tenaga saat ingin membeli mobil, pilihan yang tepat adalah mesin berjenis diesel. Karena mesin diesel mempunyai angka torsi yang besar dan angka HP yang kecil. Mesin diesel biasanya dipakai untuk beberapa mobil SUV, truk atau traktor. Tenaga dongrak yang dibuat termasuk besar tetapi kalah dalam soal kecepatan dari mesin bensin.

5. Ketahanan

Bila dilihat dari ketahanan, pasti mesin diesel jadi juaranya yang menyengaja direncanakan agar semakin kuat dari mesin bensin. Pasti kita mengetahui, mesin diesel mengaplikasikan ‘Compression Ignition' yang mana tidak dapat diaplikasikan pada mesin bensin. Proses pembakaran dibikin benar-benar masak dengan kombinasi diesel dan udara tanpa memerlukan busi.

Di saat ini, mesin diesel banyak diaplikasikan pada mobil Sport Uitlity Vehicle (SUV) perkotaan yang bahkan juga dapat melewati kekuatan dari mesin bensin sekalinya. Bila ke-2 nya diadu dalam soal ketahanan mesin dari berapakah jarak yang sukses dilakukan, diesel jadi juaranya. Lebih gampang perawatan dan tidak memerlukan beberapa waktu untuk bolak-balik bengkel.

5. Exhaust gas (gas buang)

Benarkah dogma mengenai mesin diesel yang seringkali keluarkan kepulan asap hitam pekat? Bila menyaksikan mesin diesel konservatif, jawabnya ialah iya. Dari sisi mekanis, mesin diesel tidak dapat membakar prima seperti mesin bensin. Oleh karena itu, hasil pembakaran yang tidak prima itu dikeluarkan ke segi knalpot dan hasilkan kepulan asap hitam pekat.

Memang tidak disangkal, mobil dengan mesin diesel konservatif biasanya mempunyai tingkat pencemaran udara yang lumayan tinggi

Tetapi tidak stop di sana saja, dalam beberapa dasawarsa kelihatan banyak perusahaan otomotif meningkatkan mesin diesel untuk tampil lebih ramah lingkungan. Misalnya, tehnologi AdBlue yang disebut zat aditif cair dari urea kenyataannya sukses jadi jalan keluar untuk knalpot diesel untuk jadi lebih bersih dan ramah lingkungan.

6. Kebisingan 

Memang tidak disangkal, suara mesin diesel dikenali lebih berisik dibanding mesin bensin. Proses kompresi lah yang membuat ke-2 nya memberikan tingkat keributan berlainan. Proses pembakaran pada mesin bensin termasuk prima hingga memberikan suara lebih senyap. Berlainan hal dengan tenaga diesel yang memerlukan pembakaran bersuhu tinggi di angka 52 sampai 96 derajat Celcius. Karena proses tersebut, karena itu mesin itu hasilkan keributan yang bahkan juga ke dengar ke segi luar.

Suara mesin bensin tampil lebih senyap karena proses pembakaran yang lebih prima. Tetapi pada perjalanannya, beberapa jalan keluar didatangkan untuk pecahkan permasalahan satu ini. Memang bila memperhatikan lebih detil pada mobil diesel keluaran belakangan ini, karena itu kelihatan ketidaksamaan berarti di antara mesin diesel konservatif yang lebih berisik dan mode lebih anyarnya di-claim lebih senyap oleh beberapa pemakainya.

7. Hemat Bahan Bakar

Pasti pada proses beli mobil, ada pertanyaan menarik, "Mana lebih hemat di antara mobil bensin dan diesel?" Menjawab ini kami memandang jika mesin diesel mempunyai Air Fuel Ratio (AFR) pada tingkat 22 : 1 hingga sanggup tampil lebih hemat dibanding mesin bensin. Dari data yang kami himpun, tenaga bensin memilki tingkat AFR 14 : 1 yaitu 14 molekul udara dibandingkan satu molekul bensin.

Dari segi efektivitas, mesin diesel tampil lebih hemat bahan bakar dibanding mesin bensin.

Di lain sisi, proses evaporasi pada mesin diesel menjadikan tampil lebih hemat dibanding tenaga bensin yang disemprotkan berbentuk cairan. Secara pembagian, diesel ada berbentuk uap tampil lebih ekonomis dibanding mesin bensin. Tenaga oke dan tingkat efektivitas semakin tinggi, jadi keunikan dari mesin diesel.

8. Penggunaan Oli

Pemakaian oli di lihat dari perawatan, mesin diesel dan bensin memiliki ketidaksamaan. pada mesin diesel oli yang di gunakan lebih kental di sebabkan ruang pembakaran mesin diesel lebih panas berbeda dengan mesin bensin.

Pada mesin bensin pemakaian oli yang dianjurkan yaitu lebih encer. Namun penggunaan oli harus tetap disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mesin yang dimiliki.

Mengenali kapan oli mobil harus diganti adalah hal yang cukup penting. Oli membantu berbagai komponen mesin mobil terhindar dari keausan. Hal ini juga dikarenakan fungsi oli sendiri berhubungan dengan shock absorber.

9. Keamanan Mesin

Selain dari segi performa, ternyata mesin diesel dan mesin bensin juga berbeda dari segi keamanan yang digunakan. Untuk aspek ini, banyak yang mengunggulkan mesin diesel daripada mesin bensin.

Pasalnya, pada sistem mesin diesel tidak memerlukan tegangan listrik pada sistem pembakaran untuk memicu nyalanya mesin. Tak hanya itu saja, mesin diesel juga lebih unggul karena tidak mengganggu gelombang. Sehingga, banyak digunakan pada kebutuhan tertentu.

10. Perawatan Mesin

Selain dari kebutuhan bahan bakar, ternyata perbedaan mesin bensin dan mesin diesel bisa diketahui dari segi perawatannya yang cukup berbeda secara signifikan. Untuk perawatan mesinnya, kedua memiliki tips dan trik tersendiri untuk menanganinya.

Namun, untuk mesin diesel memang memerlukan tingkat perawatan ekstra dan khusus. Pasalnya jika dilihat secara detail, mesin diesel memiliki sistem ruang pembakaran yang lebih rumit daripada mesin bensin.

Jika sebelumnya mesin diesel lebih unggul karena kebutuhan bahan bakar yang lebih efisien, maka mesin bensin akan lebih baik dari segi perawatannya. Meskipun mesin diesel memiliki performa yang tangguh dan kuat, namun hal ini harus diikuti dengan perawatan yang baik.

Pemilik kendaraan roda empat dengan mesin diesel harus melakukan perawatan ekstra untuk membersihkan komponen komponen bagian dalam mesin. Apalagi pada bagian sistem ruang pembakaran yang cepat kotor dan kompleks. Jadi perlu perawatan secara rutin dan berkala dengan tepat.

Mengingat lagi apa yang telah diterangkan di atas,  memberi pola ketidaksamaan mesin bensin dan diesel baik dari sisi kelebihan atau kekurangan.

Jadi kesimpulan nya macam mana? Lebih baik mana mesin bensin atau mesin diesel? Sebenarnya menanggapi hal itu, tergantung dari keperluan kalian dalam sehari-hari menggunakan mobil.  Jika digunakan untuk keperluan di perkotaan saja tentu mesin bensin lebih dianjurkan, tapi jika di gunakan untuk seringkali bertualang di pedesaan di tempat yang terjal dengan memilih mesin diesel itu pilihan yang baik.

Demikianlah yang membahas 7 tips mengetahui bedanya mesin bensin dan mesin diesel yang belum banyak ketahui Mudah-mudahan dengan keterangan ini, kalian lebih gampang dalam putuskan kurang lebih beli mobil dengan mesin apa.


Post a Comment for " 7 TIPS MENGETAHUI BEDANYA MESIN BENSIN DAN MESIN DIESEL YANG BELUM BANYAK KETAHUI"