Penjelasan Umum Mesin Volvo Penta

 


Mesin Volvo Penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE adalah mesin 12 liter dengan blok silinder besi cor dan liner silinder basah, dan termaksud dalam kategori mesin diesel 4 langkah. Cylinder head satu bagian memiliki camshaft overhead tunggal dan injector unit untuk setiap silinder.

Overhead camshaft atau juga bisa disebut OHC merupakan sistem pergerakan cam yang secara langsung dapat menggerakkan naik turun nya rocker arm. Dengan kata lain sistem OHC ini tidak membutuhkan pushrod untuk menggerakkan rocker arm. Sehingga dapat mengurangi gaya inersia yang di sebabkan dari percepatan putaran.

Injektor unit terletak di tengah di atas piston dan dijalankan oleh modul kontrol. Modul kontrol EDC III (Electronic Diesel Control) terletak di sisi kiri blok silinder.

Cylinder Head

Cylinder head mesin Volvo penta memiliki desain persegi panjang yang menutupi semua silinder, penempatan camshaft berada di atas cylinder head atau dapat disebut dengan sistem OHC (overhead camshaft). Memiliki jumlah 38 baut yang di pasang secara merata di sekeliling cylinder head.

cylinder head
Cylinder Head

Cylinder head memiliki jalur saluran masuk (intake) dan buang (exhaust) secara terpisah di setiap silinder. Bushing katup (valve guides) terbuat dari besi tuang paduan (alloyed cast iron). Valve guides dapat diganti apabila mengalami kerusakan, dan komponen lainnya seperti : valve intake, valve exhaust, insert valve dapat di ganti apabila mengalami kerusakan. Semua valve guide memiliki seal oil yang berfungsi untuk mencegah oli masuk ke jalur intake ataupun jalur exhaust.

Saluran masuk (intake), dan saluran buang (exhaust)

Unit injector diposisikan secara terpusat di cylinder head dan dikelilingi oleh 4 valve di masing-masing silinder. Bagian dari injector di tempatkan di selongsong tembaga atau sering disebut hole tube dan juga di tempatkan di saluran bahan bakar.

Unit Injector
Unit Injector

Cylinder block/cylinder liners

 Mesin Volvo Penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE memiliki cylinder block dengan cylinder liner basah, liner jenis ini dapat di ganti apabila mengalami kerusakan.

Pada Cylinder block/cylinder liners terdapat Ruang pendingin atau (water jaket) yang mengelilingi dinding liner bagian luar. Water jaket berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap normal. Air yang mengelilingi dinding liner di sekat/dibatasi oleh sealing rings/oring khusus air, oring tersebut bertujuan agar air tidak tercampur dengan oli yang berada di oil pan.

cylinder block atau cylinder liners
cylinder block atau cylinder liners

Piston

Piston terbuat dari aluminium dan didinginkan dengan minyak pelumas yang disemprotkan dari bawah oleh nozzle pendingin piston. Letak Nozzle pendingin piston (cooling nozzle) berada tepat di bawah kepala piston.

Memiliki tiga ring diantaranya: 

  • Ring kompresi bagian 1 posisi atas : berfungsi untuk menciptakan tekanan kompresi, jika kondisi ring kompresi sudah melebihi limit ke ausan maka tekanan kompresi akan berkurang.
  • Ring kompresi bagian 2 posisi tengah : memiliki bentuk tirus di bagian sisi luar yang menghadap ke dinding liner berfungsi sebagai pembilas agar oli tidak dapat memasuki ruang bakar.
  • Ring oli bagian 3 : juga memiliki bentuk tirus menghadap ke dinding liner dan juga memiliki ring yang seperti pegas terdapat pula rongga-rongga oli. Ring oli ini berfungsi untuk melumasi dinding liner, dan juga sebagai pembilas supaya oli tidak naik ke area ruang bakar.
piston
Piston

Crankshaft

Crankshaft jenis 6 silinder Mesin Volvo Penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE memiliki 7 jurnal untuk main bearing, dan 6 jurnal untuk connecting rod. Terdapat 2 seal oli pada bagian depan dan belakang. Seal oli berfungsi untuk menjaga agar oli tidak keluar saat mesin berputar. 

fungsi dari crankshaft secara umum adalah untuk menggerakkan naik turun nya piston, dan menggerakan mekanisme gears, di antaranya gear camshaft, idle gear, gear pompa bahan bakar.

crankshaft
Crankshaft

Camshaft

Mesin Volvo Penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE menggunakan sistem OHC (Overhead Camshaft)  memiliki 7 bantalan yang di baut di cylinder head. 

Rumah bantalan di beri urutan nomor dari pabrik dan tidak boleh tertukar jika mesin di rekondisi.

Perhatikan juga bahwa rumah bantalan dan tutup bantalan dikerjakan bersama-sama. Ini berlaku baik untuk versi produksi maupun versi suku cadang.

Camshaft memiliki tiga Cams per silinder: satu untuk katup masuk, satu untuk katup buang dan satu untuk injector unit.

camshaft
Camshaft

Pengaturan Waktu (Timing drive)

Pengatur waktu pada mesin Volvo Penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE berada di posisi depan mesin. Semua roda gigi berbentuk heliks, roda gigi perantara (intermediate gears) di tunjukan dengan nomor (3, 7, 9, 13) pelumasan roda gear ini melalui galeri oli, dan pelumasan lain di lakukan melalui nozzle (12).

Antara bagian blok silinder dan kepala silinder terpasang gigi perantara yang dapat di sesuaikan adjustable intermediate gear di tunjukan pada nomor (13). Gear ini harus disesuaikan atau di periksa backlash nya antara gear atas dan gear bawah sehingga di dapat clearance nya.

pengaturan waktu (timing drive)
pengaturan waktu (timing drive)

Demikianlah artikel yang membahas tentang Mesin Volvo Penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semuanya.




Post a Comment for "Penjelasan Umum Mesin Volvo Penta "