PROSEDUR PEMERIKSAAN BAGIAN KOMPONEN CYLINDER HEAD MESIN VOLVO PENTA

 
Prosedur pemeriksaan bagian komponen cylinder head mesin Volvo penta untuk versi standar dari mesin Volvo penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE. 

Cylinder head merupakan komponen utama pada mesin. Tempat atau posisi berada di atas blok mesin, secara umum fungsi dari cylinder head adalah membatu untuk menciptakan ruang hampa yang nantinya di dalam ruang hampa itu akan terjadi proses pembakaran. 

Spesifikasi Cylinder head mesin Volvo penta mempunyai jenis satu cylinder head untuk semua silinder dengan camshaft overhead tunggal (OHC). Memiliki panjang 1078 mm (42,44"), lebar 397 mm (15,63"), tinggi 135 mm (5,32"), dan memiliki batasan maksimal ketidakrataan permukaan (permukaan bawah) 0,1 mm (0,004")

Cylinder head juga menjadi tempat dudukan komponen-komponen mesin lain nya yang membantu untuk terjadinya proses pembakaran. Bagian komponen-komponen cylinder head antara lain :

  • Katup masuk (Valve intake), dan katup buang (valve exhaust).
  • Valve guide.
  • Valve seat.
  • Rocker arm.
  • Rocker bridge.
  • Unit injektor.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas prosedur pemeriksaan bagian komponen cylinder head mesin Volvo penta meliputi komponen-komponen yang akan diperiksa sebagai berikut: 

  1. Pemeriksaan Valve guide.
  2. Pemeriksaan Valve seat.
  3. Penyekiran / penggilingan valve seat dan valve intake, exhaust

Pemeriksaan valve guide

Pemandu katup (Valve guide) merupakan komponen yang berada di cylinder head.. Posisi atau letak valve guide berada di lubang valve intake dan juga lubang valve exhaust. Jumlah valve guide menyesuaikan jumlah dari valve intake dan valve exhaust. Valve guide memiliki seal oil yang berfungsi untuk mencegah oli memasuki ruang bakar melalui jalur valve intake dan valve exhaust. 

fungsi dari valve guide adalah untuk memudahkan pergerakan batang valve naik dan turun. Selain dari pergerakan naik, turunnya valve. Terdapat juga jarak bebas (clearance) antara batang  valve dan valve guide.  “Jarak bebas” itu lah yang akan di periksa, apakah nilai nya melebihi dari data spesifikasi.

“Jarak bebas” (clearance) antara guide valve dan batang valve sangat berpengaruh terhadap pergerakan batang valve, jika nilai nya besar atau melebihi batas maksimum maka akan merusak seal oil yang berada di guide valve.

prosedur pemeriksaan bagian komponen cylinder head mesin Volvo penta, pemeriksaan valve guide lihat (gambar 1) di bawah ini.

pemeriksaan valve guide
Gambar 1. pemeriksaan valve guide

Pemeriksaan valve guide di mulai dari :

  1. Lepaskan seal oli agar lebih akurat saat melakukan pengukuran.
  2. Tempatkan kepala silinder secara horizontal pada dudukan nya. Putar kepala silinder sehingga kepala katup menghadap ke atas.
  3. Tempatkan katup baru di pemandu katup sehingga ujung batang katup sejajar dengan tepi pemandu.
  4. Tempatkan dial indicator dengan magnetic stand sehingga ujung dial indicator menempel pada tepi valve head.
  5. Gerakan katup secara lateral ke arah lubang intake dan exhaust. Perhatikan pembacaan pada dial indicator. Lihat contoh (gambar 1) di atas.
  6. Periksa semua pemandu katup (valve guide). Jika nilai pembacaan melebihi yang diberikan dalam spesifikasi, pemandu katup (valve guide) harus diganti. Lihat (gambar 1) di atas.

Pemeriksaan valve seat

Dudukan katup (Valve seat) juga termaksud komponen yang berada di cylinder head. posisi atau letak dari valve seat berada di setiap lubang valve intake dan exhaust. Jumlah nya mengikuti dari jumlah valve intake dan exhaust. Perlu di perhatikan valve seat memiliki ukuran diameter yang berbeda antara valve seat untuk intake dan valve seat untuk exhaust. 

Fungsi dari dudukan katup (valve seat) adalah tempat tumpuan / dudukan kepala katup, sehingga saat terjadinya langkah kompresi kedua valve dalam keadaan tertutup diharapkan tidak terjadi celah pada katup.

Adapun cara pemeriksaan valve seat, sebagai berikut,

Valve seat harus di ganti ketika jarak “A” yang di ukur dengan valve baru melebihi nilai yang ditentukan dari data spesifikasi mesin Volvo penta. pada gambar 2 di bawah ini merupakan cara pemeriksaan valve seat.

Jika nilainya melebihi dari batas maksimal maka artinya valve seat sudah memiliki kedalaman yang sudah tidak normal, jika tidak di ganti akan berpotensi terbentuk celah antara kepala valve, dan valve seat.

pemeriksaan valve seat
Gambar 2. pemeriksaan valve seat

Berikut gambar 3 di bawah ini, akan kita sajikan data spesifikasi valve seat mesin Volvo penta:

data spesifikasi valve seat mesin Volvo penta
Gambar 3. data spesifikasi valve seat mesin Volvo penta

Penyekiran / penggilingan valve seat dan valve intake, exhaust

Penyekiran / penggilingan valve seat dan valve intake, exhaust berguna untuk menghindari celah atau kebocoran pada valve seat dan valve intake, exhaust yang belum duduk rata. Biasanya cara ini di lakukan saat kondisi komponennya masih baru, dan juga saat mengalami permasalahan asap putih pada kenalpot mesin.

Penggilingan valve seat

Sebelum menggiling dudukan katup, periksa pemandu katup (valve guide) dan ganti jika toleransi keausan terlampaui atau melebihi batas maksimal.

Saat menggiling dudukan katup, jangan mengambil terlalu banyak material (amril).  Ambil secukupnya untuk memberi dudukan katup bentuk yang benar dan kepala katup permukaan kontak yang baik.

Pada gambar 4 di bawah ini, valve seat untuk katup masuk memiliki sudut kemiringan  300 sedangkan valve seat untuk katup buang memiliki sudut kemiringan 450 .

  

sudut kemiringan
Gambar 4. sudut kemiringan

Dudukan katup baru digiling sehingga ukuran (A) antara permukaan kepala silinder dan permukaan kepala katup menjadi rata atau tidak memiliki celah, diukur dengan katup baru, memenuhi spesifikasi. Lihat gambar 3 di atas.

Penggilingan valve intake dan exhaust

Penggilingan (grinding) sama seperti penyekiran , cara ini sering di lakukan saat sedang melakukan perbaikan di bagian cylinder head, dan juga penyekiran ini berfungsi untuk menjaga agar tidak ada kerenggangan antara valve seat dengan valve, jika terjadi kerenggangan maka akan mengalami kebocoran kompresi dan mengeluarkan asap putih di kenalpot.

Pada mesin Volvo penta terdapat batasan atau toleransi pengukuran penggilingan valve intake dan exhaust, antara lain:

Giling / skir permukaan kepala katup sesedikit mungkin menggunakan amril, lakukan secara merata di setiap permukaan kepala valve.

Periksa pengukuran tepi kepala katup. Jika pengukuran kurang dari toleransi keausan maka katup harus diganti. pada gambar 5 di bawah ini merupan tabel batasan atau toleransi pengukuran, katup harus diganti.

tabel batasan atau toleransi pengukuran
Gambar 5.  tabel batasan atau toleransi pengukuran

Demikian artikel yang  mengulas tentang Prosedur pemeriksaan bagian komponen cylinder head mesin Volvo penta untuk versi standar dari mesin Volvo penta TAD1240GE, TAD1241GE/VE, TAD1242GE/VE dan TWD1240VE.  Mulai dari Pemeriksaan Valve guide, Pemeriksaan Valve seat, Penyekiran / penggilingan valve seat dan valve intake, exhaust.

Post a Comment for "PROSEDUR PEMERIKSAAN BAGIAN KOMPONEN CYLINDER HEAD MESIN VOLVO PENTA"